Fiesta Bokor Riviera : Menjadikan Bokor Desa Wisata Buah

28 Juni 2011

Fiesta Bokor Riviera : Menjadikan Bokor Desa Wisata Buah

Fiesta Bokor Riviera : Menjadikan Bokor Desa Wisata Buah, jika pihak Pemerintah melalui Dinas dan Instansi terkait jeli memandang ini, sebenarnya saat Fiesta Bokor Riviera nanti bisa dijadikan momentum untuk menjadikan Desa Bokor dengan Sungai Hulu Bokor nya itu menjadi Desa Wisata, terutama Wisata Buah-buahan. Desa Bokor yang bersih dan telah beberapa kali mendapat Juara Kebersihan Desa Tingkat Kabupaten ini sejak dulu sudah terkenal sebagai penghasil buah-buahan tropika (durian, manggis, rambutan, rambai, kundang ). Pada musim buah-buahan banyak warga desa sekitar dan dari Selat Panjang berdatangan untuk membeli buah-buahan tersebut langsung dari kebunnya. Apalagi jarak Bokor ke Selat Panjang ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti bisa ditempuh kurang dari 1 jam menggunakan pompong.
Namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadikan (lebih meningkatkan) Bokor sebagai tempat kunjungan Wisata Buah :
  1. Peremajaan Tanaman buah dengan jenis dan kualitas bibit unggul, seperti durian yang selama ini mengandalkan pohon durian tua, diremaja dengan durian bangkok demikian juga dengan jenis tanaman buah lain.
  2. Perlunya program khusus dari Pemkab Kepulauan Meranti untuk mewujudkan hal diatas, dukungan program dan dana dari APDB, dalam bentuk sosialisasi, penyuluhan pertanian, bantuan bibit. Atau jika perlu sebuah PERDA yang mengaturnya, misalnya aturan mewajibkan setiap rumah di Bokor memiliki satu atau dua tanaman buah  dihalamannya. atau kemudahan bagi investor untuk berinvestasi untuk mendukung parisiwisata.
  3. Menyiapkan infrastruktur menuju ke Desa Bokor, Penginapan, listrik, telpon dan air
  4. Dan hal-hal lain yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan tersebut

2 komentar:

attayaya-pasword mengatakan...

yihaaaaaaaaaaaaa
ntar mo makan durian bokor aaaaah

obat tradisional mengatakan...

mantep nich kya yah rasa dari durian bokor

 
© Copyright 2010-2011 Kayu Ara All Rights Reserved.
Template Design by bakharuddin.Net | Powered by Blogger.com.